Jumat, 05 Oktober 2012

persiapan ban untuk hujan extrim tahun ini



Bagi anda pengendara sepeda motor/bikers pastinya ban merupakan komponen utama dalam  kendaraan yang sangat berarti dalam menunjang keselamatan berkendara dan pengemudinya dalam perjalanan,baik perjalanan jauh maupun dekat. ban motor yang baik (masih tergolong standart pakai) pasti sangat berpengaruh dalam pengemudian sikuda besi (handling) hal ini sangat berpengaruh apabila ban dalam tekanan kurang/ tidak dalam keadaan baik akan menyebabkan kurang enak kondisi motor anda. sehingga membahayakan diri bagi rider dan pemboncengnya terutama yang dibonceng cewek sobat ntar lo kenapa-kenapa kan sobat yang nanggung.hehehe (juskid sob)
Agar perjalanan anda aman ban sangat perlu di pelihara dengan baik agar tetap bagus dan stabil berikut ini akan saya berikan sedikit tips merawat ban motor agar lebih awet.

1.      Cek tekanan ban motor anda dengan rutin usahakan ukuran ban anda pas dan standar dari pabrikan untuk ukuran ban,hal ini sobat bisa di lihat di buku petunjuk menggunaan ban/stiker yang tertera didekat ban motor sobat.inget tekanan antara ban dengan boncengan dan tidak slalu berbeda hal ini dibuat agar enakan saat dibuat bermanufer,jadi tidak terlalu keras.
2.      Gantilah segera ban luar anda jika sudah aus,cacat seperti hal ini atau pada masa  penggantian ban,untuk mengetahui atau ngecek (hehe…ane pakai bahasa medok moga2 sobat paham) kekuatan ban anda akan di ganti atau tidak bisa anda lakukan melihat treadwear indicator ke ausan ban,dapat dilihat disini atau dapat lihat gambar ban anda masih terlihat bagus atau sudah aus.
3.      Apabila dalam perjalanan sebisa mungkin hindari jalanan yang berlubang di karenakan kalau jalanan yang berlubang tetap di terjang oleh ente nie sobat maka akan membuat ban robek atau hal yang paling sering yaitu terkena barang tajam seperti paku dan temen2nya (hehe…)
4.      Pahami cuaca saat anda berkendara karena sangat berpengaruh sekali dicuaca panas dan hujan contohnya nie , kalau bisa nie sob usahakan kalau saat musim hujan ente ganti ban basah dan ban kering untuk musim kemarau. Ini agar saat ente pijek pedal rem langsung gigit di aspal itu bannya dan hal ini bisa menambah usia pemakaian si ban karena sesuai dengan kondisi
5.      Apabila ban motor sobat terkena oli atau minyak segeralah bersihkan agar tidak merusak ban sobat.
6.      Periksalah selalu pentil ban sobat dan usahakan berikan tutup pentil agar tidak ada kebocoran dan akan membuat tekanan angin lebih maksimal.
7.      Usahakan lakukan pengecekan roda motor sobat 2 minggu sekali agar as roda tetap stabil dan seimbang hal ini agar putaran roda stabil karena akan mempengaruhi ban sobat.
8.      tetap mematuhi aturan kekuatan ban saat memakai dan membawa barang jangan melebihi kekuatan ban. Kalau berlebihan  maka akan membuat ban rusak atau pecah cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

makasie tuk semuanya bagi yang sudah coment,saran dan kritiknya, saya akan usahakan membalasnya secepatnya.sesuai dengan alamat yang ditingalkan..
# terima kasih saya yang sebesarnya#