Jumat, 12 Oktober 2012

MANFAAT BERSIKAP RIDO'


Rido' adalah bentuk kesadaran diri,perasaan jiwa, dan dorongan hati yang menyebabkan seseorang tersebut sepenuh hati untuk menerima apa yang didapatnya atau yang dihadapinya dengan penuh semangat dan rasa kasih sayang karena mengharap surga Dari Allah. Rido' dengan pengertian demikian sudah merupakan fitrah yang harus dimiliki setiap orang. Islam tidak hanya mengakui keberadaan rido' itu pada diri manusia, tetapi juga mengaturnya sehingga terwujud dengan mulia

Alasan seseorang muslim harus rido' kepada Allah karena dia menyadari bahwa Allahlah yang meciptakan alam semesta dan seluruh isinya. Allah juga yang mengelola dan memelihara semuanya itu. Dengan rahmat-Nya, Dia menyediakan semua fasilitas yang diperlukan oleh umat manusia jauh sebelum manusia itu diciptakan.. Dengan Rahim-Nya, Allah menyediakan segala kenikmatan bagi orang-orang yang beriman sampai hari akhir nanti. Allahlah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Sejalan dengan rido'nya kepada Allah, seorang muslim akan rido' kepada Rasul dan jihad di jalan-Nya. Artinya, Allah dan Rasul-Nya sebagai pilihan yang harus diperjuangkan sesuai dengan syariat yang telah diturunkan-Nya. Setiap muslim wajib untuk menerima segala ketentuan dan ketetapan Allah ataupun Rasul-Nya sebagaimana adanya. Artinya, penerimaan seorang muslim terhadap ketentuan Allah harus mengikuti teladan Rasulullah serta tidak boleh melebihi batas sunah.

Seorang Anak yang rido' kepada Ibu Bapak sebagai wujud rido' kepada nenek moyang. Di antara salah satu bentuk rido' kepada nenek moyang adalah melestarikan tradisi yang diwariskan mereka secara turun-temurun. Di antara tradisi tersebut ada yang mengandung unsur syirik atau melanggar syariat Islam. Apabila seorang Muslim teteap saja melakukannya, dengan alasan sudah menjadi tradisi, rido' kepada nenek moyang macam ini yang dapat menimbulkan kehinaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

makasie tuk semuanya bagi yang sudah coment,saran dan kritiknya, saya akan usahakan membalasnya secepatnya.sesuai dengan alamat yang ditingalkan..
# terima kasih saya yang sebesarnya#